TEMANGGUNG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DINPUSIP) Kabupaten Temanggung membuat inovasi layanan peminjaman buku di masa pandemi dengan nama Layanan PATUH atau Layanan tanpa sentuh. Layanan ini merupakan layanan peminjaman buku dengan cara memesan buku tersebut terlebih dahulu melalui aplikasi Whastapp.
Layanan PATUH ini merupakan sebuah solusi bagi pemustaka yang sangat ingin meminjam buku di Perpustakaan Kabupaten Temanggung pada masa pandemi ini tanpa memilih langsung koleksi perpustakaan yang ada di rak koleksi, namun cukup memilih koleksi perpustakaan yang ada di katalog online http://bibliotecha.temanggungkab.go.id dan memesan untuk pinjam melalui aplikasi whatsapp. Layanan ini juga membatasi pemustaka untuk tidak banyak berinteraksi dengan petugas maupun pemustaka lain. Pengambilan serta pengembalian buku yang dipinjam ditentukan waktunya oleh petugas sehingga tidak terlalu lama untuk berada di perpustakaan Pengambilan dan pengembalian buku ini juga menggunakan protokol kesehatan secara ketat.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung, Bapak Ir. Suminar Budi Setiawan, MM dalam launching Layanan PATUH pada tanggal 18 Januari 2021 menyatakan bahwa, ”Setelah melalui proses yang sangat panjang, diawali dengan banyaknya pemustaka yang menanyakan kapan perpustakaan akan dibuka, kemudian kami mengajukan 3 (tiga) aternatif layanan yaitu layanan PATUH (layanan pesan pinjam melalui aplikasi Whasapp, layanan peminjaman secara langsung namun sesuai protokol kesehatan, dan Layanan kombinasi keduanya. Dari ketiga layanan tersebut layanan PATUH yang disetujui oleh Gugus Covid Temanggung..”
Dengan adanya layanan PATUH ini semoga dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka untuk sementara setelah layanan perpustakaan tutup selama pandemi COVID-19.